Akreditasi Jurusan di Setiap Universitas itu Berbeda

akreditasi jurusanPendidikan memang sangatlah penting guna membangun Bangsa Indonesia ke arah yang jauh lebih baik. Pendidikan di Indonesia rata-rata minimal mencapai tingkat pendidikan S1 atau strata 1. Dalam pendidikan S1 banyak aspek yang ada di dalamnya. Salah satunya orang yang melanjutkan pendidikan S1nya adalah dengan memilih jurusan yang mereka inginkan. Nah akreditasi jurusan yang mereka pilih inilah yang memang sedari awal harus dipertimbangkan. Alasannya kenapa? Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena dengan melihat akreditasi dari jurusan yang mereka pilih setidaknya itu turut memberi gambaran mudah atau tidaknya mereka dalam mencari pekerjaan selepas mereka lulus dari universitas dan dapat kita lihat bahwa setiap universitas, akreditasi yang diterapkan di tiap jurusan itu beda-beda. Ingin tahukah alasannya?

Akreditasi Jurusan Berbeda di Tiap Universitas, Mengapa?

Akreditasi sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah patokan yang memang ditetapkan untuk menentukan apakah suatu universitas, jurusan atau lembaga pendidikan lainnya itu layak untuk dijadikan sebagai tempat belajar ataukah tidak. Nah tidak semua universitas yang terakreditasi A dan juga tidak semua universitas yang terakreditasi B. Bahkan ada universitas-universitas yang malah terakreditasi C atau malah baru diurus akreditasinya. Mengenai hal itu berikut ada beberapa alasan mengapa setiap universitas memiliki akreditasi jurusan yang mungkin berbeda-beda antara universitas satu dengan universitas yang lain. Hal pertama universitas dianggap sebagai penghasil tenaga kerja yang bermutu. Jika suatu universitas dapat mengeluarkan penghasil kerja terbaik maka itu juga turut mempengaruhi akreditasi dari universitas tersebut, bahkan jurusan dari seorang tenaga kerja terbaik tersebut.

Alasan kedua adalah universitas dianggap sebagai suatu lembaga pelatihan bagi karir seorang peneliti. Nah jika peneliti dari universitas tertentu itu karirnya baik, maka dapat dipastikan universitas tersebut juga memiliki akreditasi yang baik pula dan begitu sebaliknya. Ketiga adalah universitas dianggap sebagai sebuah organisasi pengelolaan pendidikan yang efisien. Nah untuk mencapai akreditasi yang baik maka juga dibutuhkan sumber daya dan yang mengalir bagus bagi universitas tersebut. Alasan keempat adalah universitas dianggap sebagai sebuah lembaga yang fungsinya untuk memperkaya diri. Sehingga jika alumni dari universitas tertentu setelah lulus dirinya bisa menjadi kaya, maka dapat dikatakan akreditasi dari universitas tersebut juga baik dan ini berlaku sebaliknya. Nah itulah beberapa alasan mengenai bedanya akreditasi jurusan.

Related posts:

Comments are closed.