Cara Bercocok Tanam Bibit Sayuran Hidroponik Dengan Botol Bekas

jual bibit sayuranDi sebuah dunia pertanian para petani sudah banyak yang menggunakan sistem hidroponik dengan menggunakan bibit sayuran hidroponik yang tepat. Penggunaan sistem hidroponik tersebut banyak digunakan oleh para petani sayur karena media yang digunakan sangat cocok serta lebih praktis. Di mana sistem tersebut tidak menggunakan tanah untuk menanamnya namun dengan menggunakan media air untuk bercocok tanam. Selain itu jika Anda menggunakan sistem tersebut juga akan menghemat tempat karena tidak akan membutuhkan lahan yang luas sekalipun. Bahkan bagi Anda ibu rumah tangga juga bisa menggunakan sistem hidroponik untuk menanam sayuran yang mudah tumbuh dengan menggunakan sistem tersebut. Selain itu cara yang digunakan untuk bercocok tanam dengan menggunakan hidroponik sanggatlah sederhana.

Tips Bertanam Bibit Sayuran Hidroponik Menggunakan Botol Bekas

Sebelum memulai bercocok tanam sebaiknya Anda terlebih dahulu memilih bibit sayuran hidroponik yang tepat serta sesuai dengan keinginan. Misalnya saja Anda ingin membudidayakan cabai di rumah untuk keperluan memasak maka pilihan bibit cabai yang unggul. Setelah itu persiapkan semua peralatan yang digunakan untuk bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik dengan media kaleng bekas. Alat-alat yang harus Anda sediakan yaitu kaleng bekas, gunting, sumbu kompor, air serta batu bata merah dan juga bibit tanaman yang sudah Anda miliki sebelumnya. Anda bisa menggunakan botol bekas dengan ukuran 600 ml. Caranya yaitu gunting atau potong botol bekas yang sudah dibersihkan menjadi dua bagian, Anda bisa memotongnya di bagian tengah dari botol tersebut.

Setelah terpotong menjadi dua bagian Anda gunakan botol yang bagian atas kemudian lubangi tutup botol tersebut dan kemudian akan di beri sumbu untuk dimasukkan ke dalam botol. Posisikan botol bagian atas dengan terbalik kemudian satukan dengan bagian bawah botol tersebut. setelah itu masukan media pengganti tanah yaitu pecahan batu bata merah tepat di atas sumbu yang sudah terpasang. Setelah semua beres sebarkan bibit sayuran hidroponik yang sudah Anda pilih ke dalam botol tersebut. Untuk membuat tumbuhan menjadi jauh lebih subur Anda juga bisa menambahkan pupuk atau cairan nutrisi yang Anda masukkan ke dalam botol tersebut. Letakan tanaman tersebut di sudut ruangan yang terkena sinar matahari sehingga tanaman akan tumbuh dengan baik.

Related posts:

Comments are closed.