Cara Pembuatan Tanaman Hidroponik

tanaman hidroponikDalam artikel ini akan dibahas mengenai cara untuk membuat tanaman hidroponik di lingkungan rumah Anda. Bercocok tanam di lingkungan rumah memang sangat bermanfaat dan juga menyenangkan, selain kita bisa menghijaukan lingkungan rumah, kita juga dapat mengambil manfaat dari sayur atau buah yang ditanam. Hidroponik ini merupakan metode yang pas untuk menanam sayuran di lingkungan rumah kita. Tanaman jenis hidroponik tidak memerlukan tempat dan lahan yang luas. Anda cukup mengkreasikan ide budidaya. Pada bahasan ini akan dibahas cara membuat hidroponik sederhana.

Ide Membuat Tanaman Hidroponik

Cara budidaya hidroponik sebenarnya sederhana dan relatif mudah. Cara yang biasa dipakai yaitu dengan mengkreasikan wadah atau tempat apa pun yang kita dapat temui di sekitar rumah kita. Cara ini tergolong metode hidroponik yang dianggap termudah dan sesuai untuk Anda yang baru mulai mempelajari melakukan sistem hidroponik. Metode ini tidak membutuhkan perlengkapan yang terlalu rumit karena pembuatan hidroponik ini dengan aliran nutrisi melalui sebuah sumbu.  Cara tersebut cukup sederhana dan cocok dilakukan skala kecil di rumah. Caranya yaitu  dengan pertama-tama, siapkan nutrisi yang dibutuhkan untuk metode penanaman tanaman hidroponik ini. Buatlah larutan nutrisi dengan 1000 g KCL, Urea juga 1000 g, pupuk NPK 100 g, dan juga pupuk gandasil atau daun 50 g. Semua  pupuk tadi akan dilarutkan menjadi sumber nutrisi untuk tanaman. Dari ketersediaan nutrisi maka akan menjamin pertumbuhan dari tanaman berlangsung maksimal. Anda juga dapat membeli nutrisi di toko saprodi.

Media tanam hidroponik tentunya tidak membutuhkan media tanah. Media tanaman dari metode hidroponik ini biasa menggunakan sekam, arang, spons rock wool dan pecahan dari batu bata. Anda cukup mencari media tanam paling murah dan mudah di dapat di sekitar wilayah rumah Anda, sehingga Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk praktik cara pembuatan tanaman hidroponik. Untuk wadah tanaman, Anda dapat mempersiapkan sendiri sekreatif mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba memulai kebiasaan positif ini.

Related posts:

Comments are closed.