Macam Jenis Bahan Genteng

bahan bangunan atap, besi & baja, besi beton, plat, pipa, & wire meshKeberadaan suatu atap pada bangunan rumah tentunya sangatlah penting. Selain sebagai pelindung keberadaan atap sendiri merupakan salah satu ekspresi dari desain yang dibuat. Dimana fungsi serta peran atap sedikit berubah dari jaman ke jaman. Diibaratkan sebagai payung, atap dari suatu rumah tentunya melindungi bagian bawah dari suatu bangunan. Namun ada kalanya jika atap tersebut didesain sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan indah pada suatu rumah. Di Indonesia sendiri penggunaan material sebagai atap rumah sangatlah beragam tentunya. Adapun beberapa jenis atap rumah yang ada di Indonesia akan kita bahas secara singkat sebagai pengetahuan Anda.

Beragam Jenis Genteng Dan Kualitasnya

Untuk jenis yang pertama adalah atap berbahan kayu atau sering disebut dengan atap sirap. Untuk atap jenis ini tentunya sudah banyak yang menggunakan. Dimana kelebihan dari jenis atap ini adalah ringan karena memang terbuat dari kayu. Karena kayu tentunya sangat baik dalam menyerap panas namun dalam pemasangannya dibutuhkan tangan ahli supaya atap jenis ini mampu bertahan lama. Adapun kekurangan dari atap jenis ini yaitu karena harganya yang mahal. Kemudian ada jenis atap yang terbuat dari genteng beton. Seperti namanya bahwa atap ini terbuat dari semen yang melalui beberapa pencampuran serat serta bahan aditif yang tentunya kekuatannya sudah teruji. Namun untuk atap jenis ini tentunya lebih berat dan harganya pun tidak murah.

Kemudian yang paling populer digunakan adalah atap yang terbuat dari bahan tanah liat. Penggunaan genteng jenis ini selain murah juga mampu bertahan dalam berbagai jenis cuaca yang terjadi di Indonesia. Kelebihan lainnya adalah mudah dalam pemasangan serta perawatan. Namun perlu diketahui bahwa atap jenis ini sering kali mudah pecah. Selanjutnya adalah atap yang terbuat dari asbes. Untuk jenis ini juga sering digunakan. Selain murah pemasangannya pun juga cukup mudah dan tidak memerlukan banyak penyangga karena bersifat ringan. Kemudian ada genteng menggunakan bahan metal. Produk inovatif yang satu ini tentunya memberikan keunggulan tersendiri. Disamping harga yang cukup murah kemampuan bertahan terhadap cuaca juga terbilang baik. Selain itu pemilihan bahan bangunan atap, besi & baja, besi beton, plat, pipa, & wire mesh tentunya perlu Anda cermati guna menyokong atap yang kuat.

Related posts:

Comments are closed.