Tujuan Objek Wisata Solo

Wisata SoloBerbicara mengenai wisata Solo tentunya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum akhirnya memutuskan untuk berkunjung ke kota ini untuk mengisi waktu liburan Anda. Kota Solo yang terletak di Jawa Tengah dahulu kala merupakan daerah Keraton Surakarta yang sampai saat ini meninggalkan banyak sejarah dan benda-benda pusaka peninggalan dari kerajaan tersebut. Keratonan Surakarta dahulu menguasai tujuh wilayah yaitu kota Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten. Ketujuh kota tersebut dahulu memiliki satu kebijakan dan memiliki sebutan nama yaitu Subo Suko Wonosraten. Subo Suko Wonosraten ini merupakan akronim dari nama ketujuh kota daerah kekuasaan dari Kerajaan Surakarta tersebut yang hingga kini masih dikenal oleh masyarakat Solo.

Tempat Bersejarah Wisata Solo

Beberapa objek wisata di kota Solo merupakan kumpulan dari tempat bersejarah yang memang memiliki nilai historis dan menyimpan benda-benda pusaka pada masa kerajaannya terdahulu. Salah satu tempat yang memang memiliki nilai historis dari objek wisata Solo adalah Istana atau Pura Mangkunegaran. Istana atau pura ini dahulu merupakan bangunan bersejarah dari Kasunanan Surakarta yang dipecah menjadi 2 yaitu Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran. Pemecahan Kasunanan ini dahulu kala telah diatur melalui perjanjian Salatiga pada tahun 1755 silam. Hingga saat ini Istana atau Pura Mangkunegaran masih menyimpan nilai sejarah berupa benda-benda peninggalan kerajaan Mangkunegaran dan masih sering dijadikan tempat upacara adat dan tari Beksan.

Objek wisata lain dari kota Solo yang memang terkenal dengan kerajinan batiknya adalah Kampung Batik Laweyan Solo. Kampung Batik Laweyan Solo ini merupakan salah satu perkampungan batik yang terkenal di kota Solo selain Kampung Batik Kauman. Banyak terdapat pengrajin batik di daerah perkampungan ini dan masih aktif hingga sekarang. Walaupun memiliki dua tempat kampung batik, pasalnya kerajinan batik di tiap perkampungan memiliki corak serta paduan warna yang berbeda. Contohnya seperti di daerah Kampung Batik kauman yang memiliki corak batik cenderung lebih gelap dibandingkan dengan batik yang dihasilkan dari Kapung Batik Laweyan ini. Itulah beberapa objek wisata Solo yang mungkin dapat menjadi referensi destinasi wisata Anda saat liburan.

Related posts:

Comments are closed.