Usia 40an, Sebaiknya Mulai Jaga-Jaga Kesehatan

tips kesehatanKesehatan adalah hal yang paling penting bagi kelangsungan hidup manusia. Tanpa sehat apalah arti hidup yang dijalani. Sehat jasmani maupun rohani adalah kelengkapan yang mutlak agar dapat menjalani segala aktivitas. Dan menjaga kesehatan hukumnya wajib bagi setiap umat di dunia. Tidak terkecuali anak-anak sampai orang tua, menjaga kesehatan sebelum sakit adalah proses yang harus terus dilakukan sepanjang umur. Jangan sampai menyesal datang belakangan setelah menderita sakit karena kelalaian atau sakit dimasa tua. Karena ketika berbagai macam keluhan pada tubuh mulai terasa dimasa usia lanjut, penyembuhan terhadap penyakit yang mulai berdatangan akan memerlukan proses yang lambat. Tubuh renta yang mulai kekurangan imun akan sulit menerima pengobatan, terlebih dengan metabolisme tubuh yang mulai melambat menyebabkan proses penyembuhan semakin lambat.

Untuk itu biasakanlah selalu menjaga kesehatan. Hindari makan makanan yang kurang sehat seperti junk food, serta hindari minuman bersoda. Ketika usia masih dibawah 35 tahun, tubuh masih memiliki kekebalan yang cukup untuk menahan serangan penyakit, namun ketika menginjak 40an, persendian akan mulai banyak merasakan gejala-gejala seperti rematik, ngilu-ngilu, pegal, nyeri punggung, bahkan asam urat mulai meningkat. Gejala-gejala ini biasanya terjadi karena telah banyaknya tumpukan zat-zat racun yang menempel pada tulang dan persendian yang berasal dari radikal bebas. Bahkan juga tercampur dalam aliran darah. Zat-zat ini setelah menumpuk lama kemudian mulai berkembang membentuk sel-sel yang menyerang organ-organ tubuh.

Ketika tubuh mulai sering terserang flu atau batuk yang cukup lama, sebaiknya mulai waspada. Terlalu lamanya virus yang menyerang ke dalam tubuh dan tidak kunjung sembuh menandakan bahwa sistem imun di dalam tubuh mulai berkurang. Boleh saja minum obat yang dijual bebas di toko-toko obat atau apotek, namun apabila dalam kurun waktu 3 hari sakit tidak menunjukkan kesembuhan juga, sebaiknya segera berobat ke dokter. Langkah aman ini akan mendiagnosa penyakit dan akan memberikan resep obat yang sepatutnya diminum pasien. Jangan biarkan istilah ‘nanti sembuh sendiri’ sebagai bagian dari moto hidup, bisa-bisa merugi di belakang hari.

Related posts:

Comments are closed.